Prosiding

Prosiding Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011

ISBN: 978-602-96848-2-7

Editor: Anis Fuad dan Abdul Hamid

 

KATA PENGANTAR

Sudah lebih dari sepuluh tahun kebijakan otonomi daerah diberlakukan di Indonesia. Semenjak itu pula berbagai dinamika muncul dan berkembang. Tujuan desentralisasi untuk mensejahterakan masyarakat mengalami berbagai tantangan yang tidak mudah.

 

Pemekaran, kisruh dan biaya tinggi pilkada, inefisiensi dan politisasi birokrasi, serta munculnya raja-raja kecil di daerah menjadi perhatian para pengamat dan ilmuwan yang mengamati otonomi daerah. Namun tentu saja, otonomi tak sekedar menghasilkan keburukan. Kebijakan dan inovasi yang terkategorikan best practices juga muncul di beberapa daerah di Indonesia.

 

Tentu saja ada alasan mengapa yang dipilih adalah “best practices”.  Simposium dan penerbitan buku ini dilandasi keinginan untuk mengabarkan hal-hal baik dalam penyelenggaraan otonomi daerah ditengah maraknya kabar-kabar buruk tentang otonomi daerah.

 

Bagaimanapun otonomi daerah adalah “point of no return”, sehingga jikapun ada berbagai persoalan dan tantangan, solusinya adalah memperbaikinya dan bukan kembali ke era sentralisasi. Karena itu, buku ini diharapkan menjadi sarana untuk ber-otonomi dengan optimis. Optimisme penting ditengah goyahnya keyakinan apakah desentralisasi adalah jalan yang benar bagi bangsa ini. Sekali lagi jika memang berbagai persoalan muncul dan berkembang di tengah pelaksanaan otonomi daerah, maka kita sebetulnya sedang tersesat di jalan yang benar.

 

Buku ini menghimpun makalah-makalah yang dipresentasikan dalam “Simposium Nasional Best Practices dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Lab Administrasi Negara FISIP Untirta, 24-26 Mei 2011.

 

Empat puluh pakar dari seluruh Indonesia dan juga Negara jiran memaparkan gagasan dan hasil penelitiannya tentang pelaksanaan otonomi daerah didalam buku ini. Berbagai isu dipotret, dikupas dan dicarikan solusinya. Mulai dari kebijakan publik, inovasi, pembangunan, politik lokal  sampai pemberdayaan masyarakat dan penanganan kemiskinan.

 

Pada akhirnya, berbagai kajian dalam buku ini diharapkan menjadi sarana sharing bagi akademisi dan praktisi sehingga best practices di satu daerah dapat menjadi inspirasi bagi  daerah lain.

 

Serang, 20 Mei 2011

Lab Administrasi Negara FISIP Untirta,

Kepala,

 

Abdul Hamid

_________________________

FULL TEXT Download link below:

Prosiding SIMNAS OTODA 2012