Call for Papers Vol 2 No 1/April 2012

CALL FOR PAPERS

DAN PANDUAN PENULISAN

e-JURNAL LABORATORIUM ADMINISTRASI NEGARA (eJLAN) FISIP UNTIRTA


A. TEMA

Mengundang para Ilmuwan dan Peneliti untuk menulis pada eJLAN.  Tulisan dapat berupa hasil pemikiran/gagasan ilmiah atau diutamakan hasil penelitian dengan  tema-tema yang berkaitan dengan ilmu Administrasi Negara, Adapun tema-tema sebagai berikut :

  • Birokrasi
  • Kebijakan Publik dan variannya
  • Pembangunan Masyarakat
  • Otonomi Daerah
  • Ketatanegaraan
  • Manajemen Pelayanan Publik
  • Manajemen Keuangan Daerah
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Bencana
  • Sistem Informasi Manajemen dan Pemerintahan Elektronik (E-Government)

 

B. PERSYARATAN

  1. Tema, Sistematika dan Teknik penulisan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Jika tidak memenuhi persyaratan, tulisan yang masuk tidak kami seleksi lebih lanjut.
  2. Karya tulis harus orisinal/belum pernah dipublikasikan di jurnal lain.
  3. Tulisan yang dimuat harus lulus seleksi yang dilakukan oleh editor dan peer reviewer (mitra bestari)
  4. Tulisan harus sudah dikirimkan kepada redaksi 1 bulan 7 hari sebelum bulan penerbitan.
  5. Tulisan harus dikirim berupa file .doc atau .rtf dilampirkan (attachment) ke email redaksi : anefisipuntirta@gmail.com dan CC: admin@fisip-untirta.ac.id dengan subject: Artikel eJLAN vol 2 no 1. Dilarang mengirimkan file dalam bentuk .pdf.
  6. Paling Lambat tulisan di kirim pada 19 Maret 2012

 

C. SISTEMATIKA PENULISAN

JUDUL

Judul harus ringkas, lengkap dan informatif, dengan jumlah kata 5-20 kata

NAMA PENULIS

Nama penulis ditulis tanpa mencantumkan gelar akademik atau gelar lain. Bila hasil pemikiran/penelitian lebih dari satu orang,maka semua nama dicantumkan. Dibelakang nama dituliskan alamat lembaga, alamat korespondensi (e-mail). Ketika tulisan akan di review/double blind oleh mitra  bestari, identitas penulis akan kami hilangkan/sembunyikan oleh Penyunting Pelaksana Jurnal.

ABSTRAK

Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat yang menjelaskan seluruh isi tulisan yang disajikan dalam satu paragraf. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris, huruf dicetak miring, 1 spasi, dengan jumlah kata tidak boleh lebih dari 200 kata. Di halaman bawah abstrak dituliskan kata kunci dengan jumlah kata 2-5 kata.

  • PENDAHULUAN, memuat latar belakang masalah, perumusan masalah.
  • METODE, berisi rancangan dan teknik penelitian, lokasi penelitian, cara mengumpulkan data, sumber data, analisis data. Metode dituliskan apabila tulisan  merupakan  hasil penelitian
  • PEMBAHASAN ( atau  HASIL dan DISKUSI), isi inti tulisan, jawaban atas rumusan masalah/penelitian. Dapat dibantu dengan tabel, gambar, grafik atau foto. Memuat hasil analisis data, bukan data mentah.
  • PENUTUP, berisi kesimpulan dan saran atau rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka berisi daftar buku, makalah, jurnal, dokumen. Daftar pustaka harus lengkap sesuai dengan acuan yang digunakan dalam batang tubuh tulisan. Nama buku dituliskan berdasarkan urutan abjad penulis. Bagian dalam daftar pustaka : nama penulis, (tahun penerbitan) judul, termasuk sub judul, kota tempat penerbitan: nama penerbit,. Delapan puluh persen (80%) referensi dalam daftar pustaka terbit sepuluh tahun terakhir. Delapan puluh persen (80%) referensi dalam daftar pustaka adalah hasil penelitian dalam bentuk tesis, disertasi atau jurnal.


D. TEKNIK PENULISAN

1.     KETENTUAN  UMUM TULISAN

Panjang tulisan tidak boleh lebih dari 8000 kata, tipe huruf Times New Roman 10,spasi 1 ½, margin kiri 4 cm, margin kiri 3 cm, margin atas 4 cm dan margin bawah 3 cm.

Wajib menggunakan template File MS Word yang kami sediakan. Template  Di unduh di sini

2.     PENULISAN KUTIPAN

Penulisan kutipan menggunakan sistem author-date untuk menulis referensi dan menuliskan nomor halaman, seperti ‘(Badai, 1999: 13)’ atau ‘menurut pendapat Badai (1999: 13) …. ’. Gunakan nama belakang. Acuan Teknik Penulisan Kutipan berdasarkan The Harvard referencing convention. dapat dipelajari di link:

http://www.ex.ac.uk/dll/studyskills/harvard_referencing.htm

3.     PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Nama buku dituliskan berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis. Bagian dalam daftar pustaka  terdiri : nama penulis (tahun penerbitan) judul, termasuk sub judul, kota tempat penerbitan: nama penerbit. (halaman jika tulisan terdapat dalam kumpulan tulisan atau jurnal).

Contoh kutipan

a. Acuan dari buku

Thoha, Miftah (2003) Birokrasi dan Politik di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

b. Acuan dari kumpulan makalah

Mukhadis, H.A. (2000) Tata Tulis Artikel Ilmiah. dalam : H.A. Saukah dan M.G. Wasseo (Eds.), Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. Hal.51-65. Universitas Negeri Malang, Malang.

c. Buku tanpa penulis

The University Encyclopedia (1985) London: Roydon.

d. Acuan dari Jurnal

Sunantara, I gede Arya (2006) Rekiblatisasi Peran Strategis KORPRI: Garda Depan Birokrasi Indonesia. Jurnal Bisnis dan Birokrasi, Vol. XIV, No. 1 305-312.

e. Acuan dari Tesis/ Disertasi

Winarno (2003) Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Disparitas Ekonomi di Propinsi Kalimantan Timur. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Program Pasca Sarjana, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung.

f.  Acuan dari karya terjemahan

Ary,D., L.C. Jacobs, and A. Razavieh. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan (2004) Usaha Nasional, Surabaya.

g. Acuan dari makalah yang disajikan dalam seminar/kongres

Setiaji, Wirawan dan Priyo Hari Adi (2007) Peta Kemampuan Keuangan Daerah Sesudah Otonomi Daerah: Apakah Mengalami Pergeseran? Studi Pada kabupaten/ Kota Se-Jawa-Bali, paper disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi X, Universitas Hasanuddin, Makassar, 26-28 Juli 2007.

h. Acuan dari Media Massa Cetak

Zulfilmani. (2005) Ratusan Petani Sawit Tambusai Resah, Riau Tribune, 17 September,  hal. 2.

atau

Kesra Dipotong  Rp. 18 M Untuk 5.800 Proposal Permohonan Sumbangan, Kompas (13 Juni 2006) Hal. 26.

i. Penulis tidak ada dan hanya lembaga

Kementerian Pendidikan Nasional RI (2001), Panduan Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Penulis.

j. Acuan dari artikel di internet

Young, C. (2001) English Heritage position statement on the Valletta Convention, [Online], tersedia di: http://www.archaeol.freeuk.com/EHPostionStatement.htm [24 Agustus 2001].

k.  Referensi Elektronik atau referensi berbasis web

Skargren, E.I. & Oberg, B. (1998) ‘Predictive factors for 1-year outcome of low-back and neck pain in patients treated in primary care: Comparison between the treatment strategies chiropractic and physiotherapy’, Pain [Electronic], vol. 77, no. 2, pp. 201-208, Tersedia di: Elsevier/ScienceDirect/ O304-3959(98)00101-8, [8 Feb 1999].


E. PROSEDUR REVIEW

Tulisan/Makalah melalui proses double-blind review sebelum diterbitkan. Komentar oleh reviewer akan diringkas dan dikirim oleh Penyunting Pelaksana melalui email ke penulis untuk meminta penulis melakukan revisi tulisannya. Makalah kemudian dikirim kembali dan harus disertai dengan deskripsi dari perubahan, sehingga Dewan Penyunting dapat dengan mudah melihat mana perubahan yang telah dibuat. Proses review oleh peer-review/ mitra bestari selama 14 hari, dikembalikan dan revisi 14 hari dan 7 hari kemudian diterbitkan.

DOWNLOAD PANDUAN PENULISAN eJLAN

TEMPLATE MAKALAH eJLAN