Profil Deden M. Haris

Numpang lahir di Purwakarta Jumat 7 April 1972. Besar dan sekolah dari TK hingga SMA di Cianjur. Pernah kuliah di STIMIK Budi Luhur Jakarta 2 semester saja. Tahun 1992 pindah kuliah ke Administrasi Fiskal Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI, lulus Agustus tahun 1997. Studi lanjut di Magister Administrasi Publik Konsentrasi Otonomi Daerah UMJ Jakarta satu tahun, kemudian pindah lagi ke Magister Ilmu Administrasi Kekhususan Administrasi dan Kebijakan Publik FISIP UI tahun 2002 dan lulus tahun 2006.
Menjadi Tax Supervisor di Perusahaan PMA dari September 1997 sampai Maret 1999. Ikut menjadi konsultan community development pada P2KP ditempatkan di Desa Kedaung Pamulang Kab. Tangerang. Juni 2000, menjadi Sekretaris Jurusan Administrasi Negara Kekhususan Fiskal di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) sekaligus menjadi dosen pengampu beberapa mata kuliah perpajakan : Pengantar Perpajakan, PPh, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Keuangan Negara dan Kebijakan Fiskal. Sempat mengajar di FE Univ. Mercu Buana, Univ. Bung Karno, Univ. Islam Attahiriyah, dan STIA Banten. Pernah menjadi anggota dewan redaksi pada Majalah Jurnal Perpajakan Indonesia (JPI), Jurnal Bisnis dan Pajak serta Jurnal IlmiahTransparansi di STIAMI. Pertengahan 2006 menjadi Ketua Jurusan Administrasi Negara di STIAMI. Desember 2008 diterima sebagai Dosen PNS pada Prodi Administrasi Negara FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kemudian berhenti sebagai Ketua Jurusan Administrasi Negara di STIAMI. Masih menjadi Direktur Public Management Center (PMC), sebuah lembaga training dan pembangunan kapasitas sektor publik di Jakarta sejak 2009. Ditunjuk menjadi Ketua Dewan Penyunting Jurnal Administrasi Publik pada Prodi Administrasi Negara Untirta, peneliti sekaligus anggota divisi pelatihan pada Lab ANE FISIP Untirta dan Koordinator Divisi Kewirausahaan P2K2M sebuah lembaga pengembangan karir dan kewirausahaan FISIP Untirta. Mengajar mata kuliah perpajakan, akuntansi dan kewirausahaan sesuai dengan peminatan pada masalah perpajakan baik pajak-pajak pusat maupun pajak daerah, keuangan negara dan keuangan daerah serta entrepreneurship.
Menjadi team leader peneliti pada Konsultan Indoprime untuk kajian “Penyusunan Business Plan di Kawasan Bengkulu, Danau Toba dan Lombok” untuk Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal dan sebagai tenaga ahli peneliti pada “Kajian Standarisasi Pelayanan Angkutan Kereta Barang”untuk Pusat Kajian Strategi Pelayanan Jasa Perhubungan Departemen Perhubungan pada Tahun 2007. Kemudian, pada Tahun 2010 menjadi Tenaga Ahli bidang sosial untuk kajian “Penyusunan Strategi Pengembangan Usaha Sektor Informal Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan” pada Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Bappenas. Menjadi pembicara pada Workshop Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) “Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah” Bulan Maret 2010.

Deden M. Haris dapat di temui di: